Pages

Sunday, July 7, 2013

Tips Ampuh Agar Tetap Kuat dan Tidak Lemas Saat Selama Menjalankan Puasa


Tips Sehat Agar Tetap Kuat dan Tidak Lemas Saat Selama Menjalankan Ibadah Puasa - Halo sobat Shantycr7 yang baik hatinya ketemu lagi dalam postinganku yang berbau puasa (yes because it's a fasting day for muslim :)

Well, sbelum lanjut baca ini, ada baiknya sobat baca dulu Tips Untuk Memulai Puasa Pertama Kali (buat yang baca postinganku ini sebelum puasa) tapi kalo uda lewat puasa pertama yah bisa lanjut tapi ga ada salahnya juga sih dibaca heheheh

Seperti yang uda aku kasi tau nih sebelumnya, meskipun aku non-muslim tapi aku pernah koq puasa (jangan salah di kami kristen juga ada koq puasa) jadi yah sedikit banyak cukup tau lah gimana rasanya puasa tuh, lemes, pengen makan, laper banget ausnya naujubila campur deh jadi satu hehehe tapi tenang sobat aku ada tips nih seperti aku kutip dari situs www.kompas.com dengan sedikit tambahan.,.,monggo dibaca,,penting loh dan pastinya ini sehat

Cekidot !!

Jangan lupa selalu mengkonsumsi makanan bergizi baik pada saat sahur atau berbuka puasa. Walaupun menunya sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

Coba untuk mencegah dehidrasi tubuh dengan banyak minum air putih pada malam hari. Hal ini penting dilakukan, karena pada siang hari aktivitas kita cenderung banyak mengeluarkan keringat baik di ruangan terbuka atau ber-AC.

Pada saat berbuka, awali buka puasa sobat dengan makanan atau minuman hangat dan manis seperti kolak, Bubur Kacang Ijo, Bubur Special, Menu Puasa Bubur Kacang Ijo Nikmat dan Beda atau bisa juga berbuka dengan Kolak Kacang Ijo ataupun minuman manis lainnya. Tapi ingat, jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung soda ya, karena bisa menimbulkan akibat buruk buat perut sobat. Oya aku ada menu-menu makanan saat berbuka yang bergizi dan menyehatkan sobat selama 30 hari lagi lengkap deh bisa dibaca disini Tips Menu Makanan Sehat dan Bergizi Selama Puasa 30 Hari

Jangan langsung minum air dingin atau es, tapi coba deh biasakan berbuka dengan minuman yang hangat. Perut yang kosong bisa menjadi kembung, kalo sobat langsung berbuka puasa dengan air dingin, karena asam lambung dalam tubuh kita akan terbentuk semakin banyak.

Abis itu beristirahatlah kurang lebih satu jam sebelum menyantap hidangan berbuka yang telah dihidangkan. Tujuannya untuk memberikan keseimbangan terlebih dahulu pada pencernaan kita. Ingat, jangan mengkonsumsi makanan berlebihan dan makanan yang asin-asin yah apalagi yang banyak lemaknya.,,

Berbuka puasa sebaiknya dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru agar lambung tidak "kaget". jadinya kerja lambung ga terlampau berat. Untuk meringankan kerja pencernaan, kunyah makanan dengan baik, ampe lumat sobat jangan buru-buru makannya ya.,.

Supaya sobat mampu menahan rasa lapar, banyakin mengkonsumsi jenis makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah, dalam hal ini sobat bisa coba resepku Tumis Kangkung Mie Lezat. Tubuh kita itu butuh waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat.

Selain memperbanyak makanan berserat dan makanan yang mengandung protein, ada baiknya sobat juga menyediakan jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral serta makanan tambahan agar tubuh tetap segar bugar sepanjang hari.

Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C. Tapi kalo sobat uda makan buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan, maka ga perlu khawatir kekurangan vitamin tersebut.

Khusus buat sobat Shantycr7 penderita sakit lambung or magh nih makanan yang sebaiknya dihindari adalah ketan, mie (sebenarnya sih bisa tapi dikit aja hehehe), daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, sayuran berserat, minuman yang mengandung soda, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asam). Jenis makanan itu bisa menimbulkan gas yang sangat berpengaruh loh dalam meningkatkan produksi asam lambung.

Buat sobat yang punya body underweight nih, ada baiknya selama menjalankan ibadah berpuasa tetap menghindari makanan yang tinggi kolesterolnya, contohnya nih lemak hewan, margarin, mentega. Selain itu, sebaiknya sobat menghindari makanan yang terlalu manis, kayak dodol, sirup, cokelat, kue tar, es krim. "Selain lebih banyak mengkonsumsi sayur, buah, dan daging tanpa lemak, pengolahan makanannya pun sebaiknya jangan digoreng apalagi yang deep fried,..wah bahaya banget buat kesehatan

Tips juga nih buat sobat Shantycr7 yang terlalu kurus, selama berpuasa sebaiknya menambah porsi susunya dan menghindari makanan yang sulit dicerna seperti sayuran berserat kasar (daun singkong, daun pepaya).

Buat mereka yang berusia lanjut (kalo sobat punya kakek nenek or orang tua lah) atur deh pola makannya saat berbuka puasa juga secara bertahap. Makanlah jumlah yang lebih sedikit, namun dilakukan beberapa kali.

Nah itu dia sobat Tips Ampuh Agar Tetap Kuat dan Tidak Lemas Saat Selama Menjalankan Puasa yang bisa aku bagikan paa kesempatan kali ini :) 
Semoga bermanfaat yah 

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa buat sobat Shantycr7 dimanapun berada!!

Baca Juga:
Menu Puasa Bubur Kacang Ijo Nikmat dan Beda

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
-->