Contoh Penulisan Abstrak Skripsi PTK dalam Bahasa Inggris dan Indonesia - Buat sobat Shantycr7 yang lagi nyusun skripsi nih n kebingungan mau buat abstrak, boleh diliat contoh yang uda aku buat sendiri dibawah ini, uda lengkap yang bahasa inggris dan bahasa Indonesia. Ini khusus PTK yah sobat or Penelitian Tindakan Kelas bisa juga sebenarnya untuk jenis penelitian Eksperimen tapi musti diedit lagi donk (jadi 2 kali kerja hahaha).,.,
Well, supaya cepat n ga bacrit mari kita langsung ke TKP :)
ABSTRACT
Susi Susanti Tindaon. Reg. Number. 709141223. Enhance the Student’s
Learning Activity and Study Result through the Implementation of Learning Cycle
Model in Accounting Subject in 3rd Social Science Grade 11th
in SMA Negeri 2 Bandar Simalungun at
Academic Year 2012/2013. Thesis. Accounting
Education Study Program, Economics
Education Department, Economics Faculty , State
University of Medan. 2013
The problem in
this research contents is about the low of learning activity and study
result. The purpose of this research is to enhance
the student’s learning activity and study
result by applying the Implementation of Learning Cycle
Model in subject material “preparing the financial statements of service companies” in 3rd Social Science Grade 11th in SMA Negeri 2
Bandar Simalungun at
Academic Year 2012/ 2013.
The kind of this research is classroom action research which was conducted in two cycles. The subject of this research
is 3rd
Social Science Grade 11th with
total number of students 32. The
object research is the Learning Cycle Model. The research instrument that had been used is the test namely the objective test which had been trial the validity
and reliability of test and also the
observation sheet for observation the learning activity of the students and teacher.
Based on the result,
gained the average of study result in pretest with the average value is 48,41. Whereas
in first posttest by applying the Learning cycle Model had enhanced 17,79 point or 36,7% being 66,2. In the second cycle have enhanced 14 point or 21,1% to the average value being 80,2. And
based on the learning activity have occurred the enhancing
from the first to second cycle.
To try the
significance of learning activity and study
result in first and second cycle, it is used
t-test, and the calculation gained tcount = 3,09.
The calculation ttable = 2,00. By
comparing the tcount and ttable it is gained
tcount > ttable namely 3,09 > 2,00.
Thus, the study
result of accounting subject in the first
post test at first cycle and second post test in second cycle is significance. The calculation ttable for
learning activity is 5,09. The calculation ttable = 2,00.
By comparing the tcount and ttable
it is gained
that tcount > ttable namely 5,09 > 2,00.
So that the learning activity in first post test at first cycle and second post
test second cycle is significance also.
Key Word:
Learning Activity, Study
Result of Accounting Subject, the Learning Cycle
Model, Classroom Action Research.
ABSTRAK
Susi Susanti Tindaon. NIM. 709141223. Meningkatkan
Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Melalui
Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle di Kelas XI IPS3 SMAN 2 Bandar Simalungun T.A
2012/ 2013.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan. 2013
Permasalahan dalam penelitian ini
adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan
menerapkan model pembelajaran Learning Cycle pada materi pelajaran menyusun laporan keuangan pada
perusahaan jasa di kelas XI IPS3 SMA Negeri 2
Bandar Simalungun T.A. 2012/2013.
Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilakukan
dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS3 sebanyak 32 orang. Objek penelitiannya adalah model
pembelajaran Learning Cycle.
Instrument yang digunakan adalah test hasil belajar berupa soal pilihan berganda yang telah diuji
validitas dan reliabilitasnya dan juga
lembar observasi untuk pengamatan aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru.
Dari hasil penelitian diperoleh data
nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pretes dengan rata-rata 48,41. Sedangkan
pada posttest I dengan
menerapkan
model pembelajaran Learning Cycle mengalami peningkatan 17,79 poin atau 36,7% menjadi
66,2. Sedangkan nilai rata-rata di siklus II
meningkat 14 point atau 21,1% dengan rata-rata nilai posttest II 80,2. Dan
berdasarkan data hasil aktivitas belajar siswa juga mengalami
peningkatan dari siklus I ke siklus II.
Untuk menguji
signifikansi aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II,
digunakan rumus uji-t dan diperoleh thitung sebesar 3,09.
Perhitungan ttabel diperoleh hasil sebesar 2,00
dengan membandingkan thitung dan ttabel diperoleh thitung>ttabel yaitu 3,09>2,00.
Sehingga hasil belajar akuntansi pada post test I di siklus I dan post test II
di siklus 2 adalah signifikan. Perhitungan thitung pada aktivitas
belajar adalah 5,09 dengan membandingkan thitung
dan ttabel diperoleh thitung>ttabel yaitu 5,09>2,00.
Sehingga aktivitas belajar pada post
test 1 di siklus 1 dan post test dua pada siklus 2 adalah signifikan.
Kata
kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Akuntansi, Model
Pembelajaran Learning Cycle, Penelitian Tindakan Kelas.
Baca Juga:
Contoh Kata Pengantar Skripsi dalam Bahasa Inggris
Tabel Daftar Nilai Distribusi t (df=1-200)
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
contoh penulisan daftar pustaka yang baik dan benar