Pages

Thursday, July 11, 2013

Profile Tentang Universitas Harvard (Favorit University)



Profile Tentang Universitas Harvard (Favorit University) - Favorit Universitas.
Harvard University, siapa sih yang ga kenal dengan salah satu universitas terbaik di dunia ini?? atau paling ga pernah dengar donk yang namanya Harvard University or Universitas Harvard.,.

Kalo ngaku mahasiswa tapi ga tau apa itu Harvar berarti anda "terlalu" hehehhe secara ya kan :)

Anyway, ngomongin soal the dream university ini pasti menarik donk yah pengen tau gitu Harvard itu gimana sih profile nya, kenapa yah kok bisa Harvard itu jadi universitas impian, fakultas apa aja sih yang ada disana, siapa sih pendirinya, kapan didirikan, gimana keadaan kampusnya and siapa-siapa aja orang indonesia yang kuliah di Harvard seacara kan masuk UH itu susahnya naujubila sobat, maklum lah, sedangkan masuk UI aja yang masih di Indo (negara berkembang termasuk susah juga seleksinya apalagi UH wah kebayang ga)

Tenang sobat, disini aku akan bahas tentang profile Universitas Harvard itu sendiri aku baca dari berbagai sumber termasuk situs resminya sendiri.

Nah, Universitas Harvard atau Harvard University adalah universitas swasta di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat dan Harvard ini termasuk dalam anggota Ivy League.
Universitas ini sobat, didirikan tanggal 8 September 1636 (wah uda lama banget kan) n merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Nama pertama Universitas ini belum Harvard sobat, dulu waktu didirikan namanya masih New College, terus dinamakan ulang jadi Harvard College tanggal 13 Maret 1639 untuk menghormati dermawan terbesarnya, namanya John Harvard Charlestown (beliau  mantan mahasiswa Universitas Cambridge). Setelah beliau meninggal nih tahun 1638, beliau meninggalkan perpustakaan dan setengah kekayaannya kepada lembaga yang didirikan tahun 1636 oleh suara Agung dan Pengadilan Umum Massachusetts namanya Bay Colony.

Oya sobat Universitas Harvard ini punya pendapatan terbesar loh di antara universitas-universitas di seluruh dunia, tau ga berapa pendapatannya? wah dasyat US$22,6 miliar tahun 2004, hampir dua kali lipat Universitas Yale, pesaing terdekatnya. Rangking universitas Amerika Serikat keluaran US News tahun 2005 pun menempatkan Universitas Harvard dan Universitas Princeton bersama-sama di urutan pertama loh, ini kalo versi Rangking universitas Amerika Serikat beda lagi dengan versi webometricks sobat kayak yang uda aku posting sebelumnya, kalo belum baca baca nih Daftar Peringkat Universitas Terbaik di Dunia 2013 .Universitas Harvard juga pernah meraih urutan pertama tahun 2004, setelah lima tahun di posisi kedua n tiga. Times Higher Education Supplement World University Rankings juga menempatkan Universitas Harvard di urutan pertama loh :) makanya ga salah lah sobat universitas ini jadi universitas favorit dari berbagai versi dunia mengenai penempatan peringkat universitas terbaik dunia pasti banget Harvard University ini masuk paling ga 5 besar lah :)

Ngomongin soal fakultas, berdasarkan yang aku baca di situs resminya Harvard ini punya 10 fakultas sobat plus 1 unit academic namanya Radcliffe Institute for Advanced Study. Luas secara keseluruhan Universitas ini adalah 5076 hektar (adohh mesti naik odong-odong nih kalo mau kmari hahaha). Kalo soal perpus jangan tanya deh tau ga berapa koleksi buku-buku disana? ada kurang lebih 17 juta (OMG)

Nah ngomongin soal alumni nih alias yang uda tamat dari sini ada lebih dari 323.000 orang, asalnya itu lebih dari 271.000 dari America sendiri and hampir 52.000 di 201 negara lainnya termasuk dari Indonesia sobat.

Well, sekarang kita beralih ke siswanya sendiri yang mengenyam pendidikan di the dream university ini. Siswa yang keluarganya kurang mampu nih dapat beasiswa loh jadinya para siswa ini akan membayar sebesar $ 11.500 (hahha pasti sobat mikir beasiswa tapi kok tetap mahal ya tau ga itu berapa di negara kita tercinta ini?? setekah ku konversikan dengan nilai tukar rupiah hari 109.974.500 rupiah jadinya per tahun) iya sobat ga salah dengar tuh sobat hampir 110 juta tuh ckckckc. Dan siswa yang dapat beasiswa ini lebih dari ada 60 persen loh dari seluruh siswa Harvard College. Dana untuk penerima beasiswa itu rata-rata tahun ini ini berdasarkan yang aku baca dari situsnya itu adalah $40.000. Sejak tahun 2007, investasi Harvard dalam bantuan keuangan naik lebih dari 70 persen loh, dari $96.600.000 jadi $166.000.000 per tahun.

Selama tahun akademik 2012-2013, siswa dari keluarga dengan pendapatan di bawah $65.000 ga bayar sobat untuk "biaya menghadiri Harvard College" atau kalo di kita "uang pembangunan" (itu loh kalo kita baru pertama masuk kampus kan ada tu bayar uang pembangunan namanya kalo dikami). Kalo yang pendapatan orang tuanya antara $65.000 sampe $150.000 harus bayar namanya uang kontribusi lah dari 0 sampai 10 persen pendapatannya, yah tergantung ama keadaan individual juga (ada beberapa pertimbangan mungkin yahh).

Oya nama presiden UH ini sekarang Drew Faust seorang profesor sejarah,.,.

Ini dia nih yang ditunggu2 siapa yah nama-nama orang Indo yang kuliah disana?? silakan baca dipostinganku
Daftar Nama-nama Orang Indonesia yang Kuliah di Universitas Harvard (Harvard University)


Baca Juga:

Update terbaru peringkat universitas yang baru dikeluarkan 10 september 2013 versi QS Star silakan sobat baca disini Peringkat/Ranking Universitas Terbaik di Dunia Versi QS Star


Urutan Peringkat Universitas Terbaik di Indonesia Periode Juli 2013




Pengumuman Hasil SBMPTN 2013-Daftar Nama-nama yang Lulus SBMPT 2013

Urutan/Peringkat/Rangking 100 Besar Universitas yang Ada di Indonesia




Tips Cara Cepat Belajar dan Pintar Akuntansi
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
-->