Contoh Jurnal Psikologi Tentang Kecerdasan Akademik dan Pengetahuan Awal sebagai Penentu Prestasi Mahasiswa -
Morning everybody,.,berhubung aku sangat menyukai dunia
psikologi nih, maka untuk postingan blog ku kali ini mau nyoba nulis tentang “psikologi
pendidikan”. I love education. Sebenarnya ini adalah tugas mata kuliah
psikologi pendidikan ku waktu semester 4 lalu hehhe, jadi ceritanya kami disuru
buat nyari jurnal internasional and diterjemahin tuh plus masukin artikel dan
pendapat para ahli mengenai teori berkaitan dengan jurnal itu (ahlinya aku ambil dari Indonesia tapi hohoho it's ok i think)
Jadi ini buat bahan bacaan buat sobat Shantycr7 yang
mungkin juga menyukai dunia psikologi pendidikan, atau lagi nyari bahan buat
tugas mata kuliah psikologinya heheh or just want to know,,yah whatever your
reasons,,semoga bisa membantu :)
Btw, judul jurnal ini sobat adalah “Kecerdasan
Akademik dan Pengetahuan Awal sebagai Penentu Prestasi Mahasiswa dalam
Pengantar Psikologi”.
Monggo
dibaca
Penelitian Ross A. Thompson dari University
of California
dan Davis Byron L. Zamboanga dari Smith
College membahas
tentang bagaimana kecerdasan akademik dan pengetahuan awal sebagai penentu
prestasi akademik mahasiswa pada mata pelajaran pengantar psikologi.
Riset didasari pemikiran bahwa penelitian dan anggapan
sebelumnya yang menyatakan bahwa hanya kegiatan insentif kurikuler seperti melalui ceramah
dan diskusi di kelas, tugas membaca, proyek tertulis, dan
kinerja evaluasi
untuk memotivasi upaya
mahasiswa dapat menentukan prestasi akademik siswa dalam pengantar
psikologi. Riset ini berusaha untuk memperbaiki anggapan tersebut dan mencoba
membuktikan bahwa pada kenyataannya kecerdasan akademik mahasiswa tersebut
serta pengetahuan awalnya lah yang lebih mendominasi tercapainya prestasi
akademik pada mata pelajaran pengantar psikologi.
Tujuan utama dari penelitian dan riset ini adalah untuk
mengukur pengaruh kecerdasan akademik dan
pengetahuan awal sebagai penentu prestasi
mahasiswa
dalam pengantar psikologi dengan difokuskan
pada dua hal, yaitu bakat akademis
umum dan
pengetahuan sebelumnya.
Pengetahuan sebelumnya
dapat membantu atau
menghambat pembelajaran baru. Individu
dengan pengetahuan
yang sudah ada
sebelumnya yang lebih besar dapat memahami
dan mengingat lebih dari
mereka yang memiliki pengetahuan sebelumnya yang terbatas.
Landasan Teori
Kemampuan akademik merupakan salah satu faktor yang
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kemampuan akademik siswa adalah
gambaran tingkat pengetahuan atau kemampuan siswa terhadap suatu materi
pembelajaran yang sudah dipelajari dan dapat digunakan sebagai bekal atau modal
untuk memperoleh pengetahuan yang lebih luas dan kompleks lagi, maka dapat
disebut sebagai kemampuan akademik (Winarni, 2006).
Lebih lanjut Nasution (1988) dalam Winarni (2006)
mengemukakan bahwa secara alami dalam satu kelas kemampuan akademik siswa
bervariasi, jika dikelompokkan menjadi 3 kelompok, maka ada kelompok siswa
berkemampuan tinggi, menengah, dan rendah. Menurut Anderson dan Pearson (1984);
Nasution (1988); dan Usman (1996) dalam Winarni (2006), apabila siswa memiliki
tingkat kemampuan akademik berbeda kemudian diberi pengajaran yang sama, maka
hasil belajar (pemahaman konsep) akan berbeda-beda sesuai dengan tingkat
kemampuannya, karena hasil belajar berhubungan dengan kemampuan siswa dalam
mencari dan memahami materi yang dipelajari.
Herlina (2002) dalam Muniroh, dkk. (2005) menyatakan
bahwa siswa berkemampuan tinggi adalah sejumlah siswa yang memiliki keadaan awal
lebih tinggi dari rata-rata kelas. Sedangkan siswa yang berkemampuan rendah
adalah sejumlah siswa yang memiliki keadaan awal lebih rendah atau sama dengan
rata-rata kelas. Siswa berkemampuan tinggi memiliki keadaan awal lebih baik
daripada siswa berkemampuan awal rendah. Hal ini menyebabkan siswa berkemampuan
tinggi memiliki rasa percaya diri yang lebih dibandingkan dengan siswa yang
berkemampuan rendah.
Berkaitan dengan tingkat penalaran dan pada saat
pembelajaran di kelas, kelompok siswa kurang pandai yang mempunyai penalaran
lebih rendah memperlihatkan beberapa indikasi yang menurut Zubaidah (2000)
dalam Habibah (2008) adalah sebagai berikut:
1. siswa kurang kreatif, yang
nampak dari sangat jarangnya mereka mengajukan pertanyaan
2. kalau diberi pertanyaan,
jarang ada yang menjawab bahkan mereka sering tidak menjawab
3. kalaupun ada yang
menjawab, jawaban yang dilontarkan seringkali kurang didasari penalaran,
sehingga nampaknya daya penalaran kurang atau belum mencapai penalaran formal
4. konsep dasar yang sudah
diperoleh sebelumnya sudah dilupakan sehingga pola belajar siswa tidak
menunjukkan pola belajar konstruktivisme.
Menurut Hamalik (2001) dalam Khotimah (2007), ciri-ciri
siswa yang pandai adalah mempunyai energi yang lebih besar, sikap sosialnya
lebih baik, aktif, lebih mampu melakukan abstraksi, lebih cepat dan lebih jelas
menghayati hubungan-hubungan, bekerja atas dasar rencana dan inisiatif sendiri,
suka menyelidiki yang baru dan lebih luas, lebih mantap dengan tugas-tugas rutin
yang lebih sederhana, lebih cepat mempelajari proses-proses mekanis, tidak
menyukai tugas-tugas yang tidak dimengerti, tidak menyukai cara hapalan dengan
ingatan, percaya kepada abilitas sendiri dan cepat malas kalau diberi hal-hal
yang tidak menarik minatnya. Selain itu, ia dapat menempatkan, mengatur
bahan-bahan yang lebih sulit. Ia dapat membantu para siswa yang lebih rendah
daripada untuk menyelesaikan tugas-tugas rutin yang lebih mudah, ia dapat
diberi tugas-tugas yang lebih luas dan masalah-masalah yang lebih sulit. Siswa
ini dapat dilatih untuk mendiagnosis dirinya sendiri dan merencanakan perbaikan
atas kerjanya sendiri.
Metode
Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode observasi langsung
terhadap 353 siswa di
awal mata pelajaran pengantar psikologi. Pesertanya adalah mahasiswa
yang terdaftar dalam dua bagian Pengantar Psikologi program di Midwestern besar
universitas negeri dan yang menyelesaikan mata pelajaran pengantar psikologi dan pesertanya
berkisar 347-353 untuk analisis tertentu karena kehadiran dan
pendaftaran yang berfluktuasi.
Instruktur yang sama diajarkan setiap bagian dalam cara yang sama,
dan semua aspek lain tentu saja untuk setiap bagian (misalnya, ujian konten,
pretest format) itu identik. Siswa dari setiap bagian juga berpartisipasi
bersama dalam pertemuan mingguan.
Tetap konsisten dengan pendaftaran mata pelajaran
pengantar psikologi, sampel terdiri dari 36% laki-laki dan siswa perempuan 64%,
85% adalah frosh, 9% adalah mahasiswi, 4% adalah yunior, dan 2% adalah senior. 11%
dari sampel dimaksudkan dalam psikologi sebagai mata pelajaran utama, dengan mahasiswa
yang tersisa (31%) dengan jurusan yang diinginkan di bidang lain.
Mahasiswa
menyelesaikan empat ujian noncumulative dengan jarak satu bulan sepanjang semester. Rata-rata
dari empat nilai ujian merupakan ukuran prestasi secara keseluruhan. Format ujian terdiri
dari 50 lima alternatif pertanyaan pilihan ganda dan mahasiswa
menilai 'langsung ingatan
dan pemahaman konsep dan kemampuan mereka untuk menerapkan konsep-konsep untuk
situasi baru dan untuk menganalisis mereka dengan cara baru. Setiap ujian
dimasukkan pertanyaan 6 atau 7 yang sebelumnya muncul di pretest pengetahuan
psikologis untuk menilai kinerja siswa pada item ini setelah instruksi.
Sebagian besar mahasiswa
adalah warga negara setempat
dan dengan demikian tercermin bahwa populasi negara
itu didominasi oleh
kelompok orang berkulit putih.
Pembahasan
Nilai untuk kehadiran dan pekerjaan rumah masing-masing menunjukkan
bahwa meskipun pada mahasiswa rata-rata datang ke kelas dan tugas selesai, ada
berbagai keragaman dalam partisipasi mahasiswa. Mahasiswa dalam hal ujian
amenunjukkan kekonsistenan sepanjang semester, dengan skor berkisar antara 73%
sampai 75% dari total
poin yang mungkin. Skor untuk ujian hafalan tergolong tinggi. Sebaliknya, siswa hanya mencetak 38% pada pretest dari psikologis pengetahuan dan 60% dibandingkan pada pretest pada psikologi populer atau masa kini atau psikologi umum (nilai minimum adalah 0 untuk pretest dari psikologis pengetahuan tetapi 25% untuk pretest pada psikologi umum). Dari kinerja di kedua pretests, jelas bahwa mahasiswa memiliki kinerja yang bagus pada hari kedua kelas, namun pemahaman mereka terbatas dan tidak lengkap. Hal ini juga tercermin dalam nilai pada bagian ini. Skor maksimum yang sempurna atau hampir sempurna diperoleh oleh beberapa siswa pada ujian, nilai tertinggi untuk pretest pengetahuan psikologis adalah 17 (68%) jawaban yang benar dan untuk pretest psikologi umum atau masa kini adalah 49 (76%) jawaban yang benar. Nilai rendah 8% dan 33%.
poin yang mungkin. Skor untuk ujian hafalan tergolong tinggi. Sebaliknya, siswa hanya mencetak 38% pada pretest dari psikologis pengetahuan dan 60% dibandingkan pada pretest pada psikologi populer atau masa kini atau psikologi umum (nilai minimum adalah 0 untuk pretest dari psikologis pengetahuan tetapi 25% untuk pretest pada psikologi umum). Dari kinerja di kedua pretests, jelas bahwa mahasiswa memiliki kinerja yang bagus pada hari kedua kelas, namun pemahaman mereka terbatas dan tidak lengkap. Hal ini juga tercermin dalam nilai pada bagian ini. Skor maksimum yang sempurna atau hampir sempurna diperoleh oleh beberapa siswa pada ujian, nilai tertinggi untuk pretest pengetahuan psikologis adalah 17 (68%) jawaban yang benar dan untuk pretest psikologi umum atau masa kini adalah 49 (76%) jawaban yang benar. Nilai rendah 8% dan 33%.
Berdasarkan hal tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa
hasil penelitian mendukung semua hipotesis yang ditentukan sebelumnya. Beberapa
temuan penting dalam penelitian ini adalah ketika skor pretest pada
awal semester
dibandingkan dengan nilai
pada pemerintahan
berikutnya sama item, kinerja
siswa ditemukan
untuk meningkatkan secara
signifikan.
Pada pretest pengetahuan psikologis, nilai
siswa lebih dari dua
kali lipat Untuk
pretest masing-masing, hal ini berarti bahwa
nilai dan
kisaran nilai pada
akhir semester
sebanding dengan ujian kinerja
secara keseluruhan,
dengan beberapa siswa mencapai secara sempurna atau
hampir sempurna nilai
pada bagian kedua
setiap ujian.
Dengan demikian, prestasi
siswa meningkat secara signifikan di
seluruh semester.
Kesimpulan
Temuan penelitian
ini konsisten
dengan literatur
lain dalam buku-buku psikologi
dan menunjukkan bahwa pengetahuan awal
mempengaruhi pembelajaran
baru. Dalam studi
bias konfirmasi, pengembangan
konsep, pengaturan mental
pengolahan, persepsi selektif, hipotesis, dan pembelajaran cara memperolehan
keterampilan,
peneliti telah menunjukkan
bagaimana pengetahuan awal mempengaruhi
cara orang menanggapi
situasi baru
dan memberikan
kontribusi baru
dalam pembelajaran. Dan semua dugaan-dugaan awal sangat sesuai dengan
hasil penelitian.
Akhirnya dapat ditarik kesimpulan akhir bahwa jurnal yang
berjudul Kecerdasan Akademik dan Pengetahuan Awal sebagai Penentu Prestasi
Mahasiswa dalam Pengantar Psikologi layak untuk dibaca dan dapat menjadi acuan
bagi penelitian-penelitian selanjutnya karena hiposis awal sudah sesuai dengan
hasil penelitian yang dilakukan.
Artikel Terkait :
Urutan/Peringkat/Rangking 100 Besar Universitas yang Ada di Indonesia
Profile Tentang Universitas Harvard (Universitas Terfavorit di Dunia)
Daftar Nama-nama Orang Indonesia yang Kuliah di Universitas Harvard (Harvard University)
Urutan Peringkat Universitas Terbaik di Indonesia Periode Juli 2013
Kak jurnal ini pake variabel bebas dan terikat nya apa kalo boleh tau , dan statistik apa yang digunakan
ReplyDeleteikkeehhh
ReplyDelete