Pages

Monday, July 22, 2013

Tips Sukses Saat Menghadapi Sidang Meja Hijau Skripsi



Tips Agar Sukses Menghadapi Sidang Meja Hijau Mempertahankan Skripsi - Hai para pembaca blog tercinta sobat Shantycr7 yang mau sidang nih pastinya. Sidang Meja Hijau adalah saat-saat yang paling ditunggu dan pastinya menegangkan buat para mahasiswa khususnya buat yang S1 nih seperti aku...hehhe jadi ceritanya nih aku baru sidang tadi trus kepikiran deh ngupdate blog :) buat berbagi informasi dan tips (kan ga salah sih siapa tau juga ampuh buat sobat yang akan sidang nantinya). This is my experience dan aku mau bagi-bagi tips that's it no more :).

Well, Tanpa basa-basi langsung nih aku kasih tips agar sukses saat sidang meja hijau mempertahankan skripsi versi Shantycr7 yang baru aja tadi siang kualami semoga bermanfaat, let's check it out together !
1. Berdoa.

It's number one sobat and it's a must. Apapun agama kita pastinya hal yang pertama yang harus kita lakukan dalam memulai segala hal adalah berdoa. Seperti yang kita tau sobat kekuatan doa itu luar biasa loh, dengan berdoa maka hati kita akan lebih tenang (ya meskipun deg-deg an itu pasti ada). Setidaknya dengan kita berdoa maka kita sudah berserah diri pada Tuhan pada hasil yang akan kita terima saat sidang dan Tuhan pun pastinya akan mempertimbangkan nilai yang bagus buat sobat hehhe (apalagi buat sobat yang rajin-rajin nih :)

Halo..halo numpang promosi yah teman2 terkasih..aku pemilik blog ini lagi launching produk sepatu terbaru kami diskon 50% all items...untuk selengkapnya boleh di lihat dihalaman sebelah yah :)
Promo Gila sepatu best quality diskon 50%



2. Menguasai Bahan Skripsi Jauh Hari Sebelum Sidang

Ini nih sobat yang paling penting. Banyak mahasiswa yang baru baca-baca bahan skripsinya saat akan sidang atau sehari sebelum jadwal sidang. Ini agak berbahaya menurutku, kenapa? ya karena pastinya pikiran makin ga konsen waktu membaca bahan kita, apalagi buat bahan skripsinya yang banyak tuh, kan yang dipikirin bukan hanya bahan skripsi aja, pastinya ada rasa grogi dan deg-degan saat berhadapan dengan penguji nantinya gimana, mikirin kira-kira pertanyaan apa yang akan ditanyakan oleh penguji, trus mikirin kira-kira kita dapat nilai berapa nantinya.,.makanya jauh-jauh hari sebelum sidang, bahan harus uda dikuasai, pelajari semuanya supaya waktu sidang semua pertanyaan yang diajukan penguji kita bisa kita jawab tanpa membolak-balik skripsi kita itu dengan wajah yang kebingungan yang membuat makin gugup n blank kalo ga tau jawab. Nah sobat, dengan menguasai bahan, maka kita akan sangat percaya diri dengan isi skripsi kita dan jadinya bisa dengan lugas memaparkannya sesuai dengan pertanyaan yang diajukan dosen penguji.

3. Ketahui Pertanyaan Apa yang Paling Sering Ditanyakan Oleh Penguji 

Pastinya sobat uda tau donk siapa dosen pengujinya sebelum diuji heheh, nah kalo uda tau tinggal nyari-nyari info dari kakak/abang stambuk sobat yang pengujinya beliau-beliau itu. Alternatif lain, tanya sama teman-teman sobat aja, ya kan siapa tau mereka uda tau dari yang lain.,,makanya dalam hal ini sobat Shantycr7 skalian musti rajin-rajin update info about everything yang berhubungan sama skripsi sobat. Dengan begitu kan sobat bisa mempersiapkan diri dan pastinya ada rasa PD dikit lah heheh

4. Tegas, Jelas, dan Tepat Saat Menjawab Pertanyaan Penguji

Ketika sobat Shantycr7 berhadapan dengan dosen penguji pertama kalinya berikan senyum manis dengan wajah meyakinkan untuk siap diuji (meskipun kadang kita ga bisa menyembunyikan rasa gugup but don't show it clearly). Pasang mimik wajah percaya diri dan merasa bahwa memang bahan sobat uda dikuasai :). Tadi nih waktu di luar nunggu teman yang sedang diuji, aku deg-degan banget ga karuan, dada rasanya berat apalagi penguji agak different dengan yang lain jadinya feeling gimana gitu..,tapi ketika masuk ruang sidang n dihadapkan dengan mereka, aku langsung ingat nih bahwa aku harus tampil percaya diri karena memang aku uda sangat menguasai bahan ku, alhasil ketika ditanyai yah aku jawab aja dengan tegas dan sesuai dengan apa yang terjadi dilapangan (kebetulan skripsiku PTK so banyak ditanya tentang suasana waktu PBL berlangsung). Ketika ditanyai jawab natural aja sobat, artinya jawab singkat padat dan jelas (kecuali kalo diminta jelaskan secara detail), jangan gugup, usahakan intonasi jelas jawab pertanyaan sesuai dengan pertanyaan (soalnya ada pernah saya tau mahasiswa ketika sedang ditanyai penguji, jawabannya ga nyambung, jadi keliatan ga nguasai bahan). Tau ga sobat, dengan menjawab pertanyaan dosen untuk pertama kainya dengan tegas tanpa rasa gugup, maka tim dosen itu pun akan bisa menilai sobat in a glance kalo sobat emang uda menguasai bahan, n layak deh dapet nilai bagus hehehe, coba kalo misalnya sobat uda gugup duluan, pasang muka merah, gemetaran,,,yahhh bisa-bisa pikiran sobat blank deh jadi bingung mau jawab apa n saking ga konsennya di menit-menit pertama, buyer deh semua yang uda dipersiapkan, alhasil sobat dapet nilai pas-pasan (kan ga mau nilai B apalagi C apalagi ga lulus sidang,,kan maunya dapet A :)) hohoho

That's it sobat, tips yang bisa aku bagikan,,,sebenarnya sih masih banyak tips-tips yang lain, boleh minta saran juga dari kakak/abang stambuk yang sebelumnya uda menjalani sidang, apalagi kalo dosen pengujinya sama, bisa sharing-sharing tuh agar persiapan sobat lebih matang, kan kalo sobat uda mempersiapkan diri dengan baik maka rasa percaya diri itu akan timbul dengan sendirinya,,trust me,.,.:)
Don't forget guys always remember our Almighty Lord :) 


Bacaan Yang Mungkin Anda Sukai


Urutan/Peringkat/Rangking 100 Besar Universitas yang Ada di Indonesia
Profile Tentang Universitas Harvard (Universitas Terfavorit di Dunia)
Daftar Nama-nama Orang Indonesia yang Kuliah di Universitas Harvard (Harvard University)
Urutan Peringkat Universitas Terbaik di Indonesia Periode Juli 2013
Kata-kata Motivasi Penyemangat Hidup






Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
-->