Pages

Wednesday, April 24, 2013

Tips dan Cara Sukses Ujian dengan Nilai Tinggi







Good night sobat Shantycr7 yang baik hatinya :)
Pada malam ini saya mau coba nulis artikel tentang kita sukses lulus ujian dengan nilai yang tinggi. Ini pure dari pengalaman aku nih (yah walaupun aku sendiri kadang2 ga melaksanakannya secara keseluruhan hhehehe).

Oce sobat, ngomongin soal ujian pasti yang pertama kali terlintas dari benak sobat tuh stress n pusing kan (ya ga semuanya lah, tapi kebanyakan gitu).

Apalagi tuh sobat guru or dosen nya bilang "kita ujian minggu depan/kita ujian besok atau kita ujian mendadak hari !!!", wah pasti langsung pasang muka kaya ga makan 3 hari plus kaya kebakaran jenggot hahahah apa lagi sama yang ga suka belajar nih ya gitu (berdasarkan yang aku amati kebanyakan gitu sobat)
Hahaha kalo aku nih sobat, jujur paling senneng yang namanya ujian, aha maunya setiap kali pertemuan tuh ujian aja :) 

Nah pastinya sobat semua ga mau kan kalo hasil ujian sobat tu jelek alias nilai ikan mas (nilai merah maksudnya),,,untuk mengatasi hal itu aku ada beberapa tips dan cara nih, ya lumayan ampuh lah kalo memang benar2 dijalankan ;)
Well, what the hell is that??
Just read n do this !!!!!

1. Sobat harus benar2 membaca materi mata pelajaran/kuliah yang akan diujiankan jauh hari sebelumnya. Jadi gini, sobat harus uda baca buku 2 atau 3 hari sebelum deadline ujian, atau 1 hari sebelum ujian sih ga apa2 asal "sobat emang uda paham waktu materi itu di bahas di kelas", makanya sobat harus kritis dan PBM berlangsung n tanya apa yang ga dimengerti, boleh tanya sama teman yang uda ngerti kalo malu nanya ama dosen atau guru.

2. Diskusi sama teman2 dekat. Ini lumayan ampuh juga sobat, dengan berkumpul n berbagi sama teman maka kita bisa dapet lebih, lebih cepat nangkep pelajaran tuh n tanpa sungkan secara spontan untuk nanya apa yang ga kita mengerti.

3. Searching di net ya sobat materi-materi tambahan yang mau diujiankan. Apalagi buat materi yang kurang dimengerti artinya bisa di cari di om google tuh. 

4. Ini nih sobat yang paling aku lakuin kalo mau ujian supaya sukses tanpa pusing ngapal setumpuk buku "SOBAT JANGAN MENGHAPAL MATERI" but "MEMAHAMI".,,.sobat cari n garisin tuh point2 pentingnya aja, apa yang paling sering disinggung oleh guru ataupun dosen sobat itu yang musti dipelajari. Sekali lagi sobat, jangan ngapal ya tapi dipahami. Baca perlahan materinya.

5. Ada tips yang juga bagus banget nih supaya apa yang kita pelajari itu bisa bertahan lama di kepala kita n cepet masuknya waktu dipelajari, yaitu "Sobat Shantycr7 aku saranin baca pagi dini hari banget, 15-30 menit setelah bangun tidur sekitar jam 5 or setengah 6 gitu" 
Tau ga sih, kalo kita baca buku di pagi hari, 80-90% yang kita baca itu akan langsung cepat diserap oleh brain kita sobat :) wah aku jamin deh coba yah,,kalo ga biasa bangun cepat apalagi bngun jam setengah 5 or jam 5 yo wes ga pa2 jam 6 pun jadi :P , pokoknya waktu pikiran kita lagi fresh2nya deh :)

6. Jaga kesehatan sobat, jangan begadang (hahah pada hal aku mau begadang nih nonton Madrid vs Dortmund jam 2 pagi nanti pada hal bsk ujian teori akuntansi).,.,intinya jangan sering2 begadang ya sobat, slain ga baik buat kesehatan, juga akan sangat mengganggu konsentrasi kita selama seharian di sekolah atau dikampus,,(skali2 begadang boleh ditolerir kok hehe)
7. Sebelum ngerjain soal ujian sobat musti doa dulu ya (doa pembuka nih hehe). Waktu ngerijain soal2 ujian, pilih sobat tuh mana soal yang paling mudah n bisa dikerjai. Intinya selesaikan soal yang termudah sampai tersulit.

8. Pusatkan perhatian pada soal, coba deh sobat kait-kaitkan isi soal dengan apa yang uda sobat baca sebelumnya, hubung2kan aja sobat, ga mesti jawabannya itu persis seperti yang tertulis dibuku (makanya tadi aku bilang materi itu dipahami jangan dihapal)
Kalo sobat uda memahami materi yang sobat baca, otomatis apapun soalnya pasti sobat bisa jawab meskipun ga seperfect seperti yang dibuku tapi aku yakin guru/dosen memahami itu n akan membenarkan jawaban sobat.,,.

9. Sebelum ngumpul soal baca dulu secara keseluruhan jawaban sobat, siapa tau ada yang salah ya kan :)

10. Doa penutup nih sobat, surrender everything in God n just trust in Him yang penting sobat uda do the best :)

Itu dia sobat tips sukses menghaadapi ujian yang bisa aku share disini, yah i intinya nih ya sobat, sobat tu harus paham betul materinya itu aja.,,.
Oya sobat, jangan sesekali nyontek ya, wah ga baik banget tuh, malu donk sama diri sendiri masa nyontek, PD aja :)
Kan lebih mending seandainya dapet nilai 50 tapi memang betul2 dari otak kita dari pada dapet 90 or 100 tapi hasil contekan,,aihh malu dunk sama diri sendiri,.,.(tapi kalo bisa jangan lah dapet nilai 50 yah ah masa 50 sih uda usaha maksimal gitu ya minimal 70 ga pa2 lah ya :))
Semoga bermanfaat ya sobat see u in my next posting !
Comments
1 Comments

1 comments:

  1. Sukses tidak mempunyai rahasia, kunci sukses semuanya sama.. Perlu kerja keras, tekun, dan tentunya punya pengetahuan apa yang ingin dijalani.

    ReplyDelete

 
-->