Pages

Sunday, April 21, 2013

Kenapa Advent ke Gereja Hari Sabtu???


Haloha sobat !!!
Ahah kenapa sih kalian gerejanya hari sabtu San???
Kenapa ga hari minggu, kalian aneh banget deh aliran gerejanya?? pada hal kan kebanyakan orang kristen itu gerejanya hari minggu???
atau jangan-jangan kalian itu aliran sesat ya?? (begghh ini nih pertanyaan paling ga suka masak kami dibilang sesat) haddeeehhh

itulah sobat Shantycr7 pertanyaan itu tuh pertanyaan yang paling sering ditanya samaku (aku Advent soalnya).,,ga tau nih da berapa ratus kali pertanyaan ini nongol, aku hanya bisa bersabar menjelaskan sejauh yang aku tahu saja.
Oce sobat, jadi gini nih kenapa Advent itu gereja hari sabtu??
kembali aku ingettin kalo advent itu basic pengajarannya adalah "Bible".,.,yupsssss Bible sobat !!!
setau ku semua kristen itu punya kitab suci namanya bible kan so cekidot disana ya !
Di bible tu kan ada tertulis "Ingatlah dan kuduskanlah hari sabat" (baca Keluaran 20:8)
Hari sabat itu adalah hari sabtu bagi Advent (sobat Shantycr7 bisa searching di google tentang asal usul hari; sabat itu = sabbath (saturday or sabtu).,.,
Bukankah Tuhan menyatakan bahwa 6 hari lamanya kita bekerja n melakukan segala aktivitas kemanusiaan kita n pada hari ketujuh sebagai hari perhentian Tuhan, kita kudu berhenti bekerja dari segala aktivitas kita n menguduskan hari Sabat???
Sabat itu kudus, hari ketujuh itu adalah hari Sabat Tuhan.
Trus timbul pertanyaan nih : trus San kenapa tuh orang kristen kebanyakan gerejanya hari minggu, mayoritas gitu loh berarti kami donk yang benar (kata temen ku yang gereja sekte lain)

Lah itu kan kepercayaan masing2 sobat.,.coba deh ditanya ama orang yang gerejanya hari minggu, soalnya aku takut jawabanku malah terkesan mojokin sekte lain -_-

Dan lagi coba deh sobat perhatiin kalender sobat.,.(pasti punya donk), nah disitu kan hari yang pertama tu hari minggu, trus hari yang kedua hari senin sampe hari yang ketujuh itu hari sabtu.,,so that's one point, right?? di Alkitab juga dibilang "minggu pertama" pernah baca ga kalo ga salah tu ada di kitab injil.,.,

trus nih ada temen ku juga nyanggah bilang gini : iya San oce lah sabtu tu hari ketujuh, tapi kan sekarang hari ketujuh tu uda jadi hari minggu dianggep karna minggu tu HARI KEBANGKITAN TUHAN so kita jadinya gereja kudu hari minggu,,,

Setahu aku ya sobat (maaf kalo salah ye), para pembesar aliran protestan membuat peraturannya sendiri yang menjadikan hari minggu sebagai hari pemberhentian yang kudus itu. Ini lah yang jadi perbedaan Advent dengan umat lainnya,,
"Kami mengikuti peraturan yang dibuat Tuhan bukan peraturan yang dibuat Manusia" intinya kami ini hanya memfollow apa yang Alkitab tuliskan. Tak ditambahi dan tak dikurangi.
"Begitu jawabanku"

Untuk mengetahui sejarah atau asal-usul gereja Advent itu sendiri silahkan sobat KLIK DISINI
Well sobat Shantycr7 yang baik, itu tu sedikit penjelasan soal kenapa sih Advent itu gerejanya hari sabtu??
Untuk yang ingin mengeluarkan unek-uneknya monggo do komen ya :)
Jangan malu-malu n Sungkan-sungkan yang penting sopan n be wise lah :)

Maaf bila ada kata-kata yang salah n kurang mengena bukan maksud seperti itu, oce sobat :)
 Salam Damai saudara/i sekalian. God bless You all
Comments
12 Comments

12 comments:

  1. maaf sblumnyaa saya ingin bertanya apa beda advent denga saksi yehova,??

    ReplyDelete
  2. Di google lengkap banget tuh, coba dipelajari pelan2 ya :)
    Yang jelas 2 aliran ini sangat berbeda

    ReplyDelete
  3. Tuhan Yesus datang utk mnebus dosa manusia, Ia mnggenapi hukum taurat.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih mba atas sharingnya, bermanfaat :)

    ReplyDelete
  5. Menggenapi bukan menghapus andi!

    ReplyDelete
  6. Sebelumnya Selamat Sabat saudariku,
    Sy bisa menangkap inti dari paragraf2 di atas, tanpa mengurangi rasa hormat saya alangkah lebih indah bila saudariku ini bs menggunakan tata bahasa yg lembut tapi mengedukasi dan bukan nya terkesan "menggurui".
    Bila saya memposisikan diri sbg seorang Non Advent (tp tetap seorang Nasrani) sy langsung beranggapan ko ni org bahasanya ga enak bgt sih...serasa paling benar...

    Saya dulu jg berasal dr Gereja lain,dan jujur sringkali sy menemukan org2 Advent yg justru lebih sering "menggurui" dan "menjudge" bahwa klompok lain diluar SDA adlh Salah, seandainya saja bila mereka dan saudariku ini bs menggunakan pendekatan yg "merangkul" dan mengedukasi kami yg tdk tau apa2 ini scara bijak tanpa membuat kami sprti org yg paling bsalah.
    Mohon maaf klo saran/kata2 sy tdk sopan dan tdk berkenan.Tdk ada mksd utk mjatuhkan.Sy murni hanya ingin memberikan saran.
    Kiranya Tuhan selalu memberkati dalam apapun pelaynan kita masing2.
    Amin
    Selamat Sabat
    Tuhan berkati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih saran dan kritikannya saudara:)
      Gaya bahasa saya dulu memang begitu. Semoga tdk semua yg baca berpikiran seperti anda, meski begitu nanti akan coba saya perbaiki yah ;)
      Salam sabat dan Tuhan memberkati.

      Delete
  7. sy sempat dgr kalau adven tdk percya injil

    ReplyDelete
  8. Selamat malam saudara dan saudariku dlm kristus.. saya Advent.. dan saya mau meluruskan pandangan saudara2 mengenai advent.. pertama saya mau menjawab pertanyaan dri judul blok ini..

    Kenapa beribadah di hari sabtu.. jawabannya Oleh krn dlm kitab perjanjian baru mengatakan.. dlm ibrani 4:9 masi tersedia 1 hari perhentian hari ke 7 bagi Umat Allah.. greja advent mengajarkan Ibadah hari ke 7 atau disebut sabtu karena mengajarkan umatnya agar menjadi Umat Allah..

    Jika saudara2ku membuku kamus bahasa indonesia. Atau kamus apa saja dan tidak lupa juga melihat bahasa aslinya perjanjian lama dan baru sehubungan dgn sabat maka saudara akan menemukan sabat hari ke 7 itu adalah sabtu bukan hari yg lain..

    Advent percaya injil..

    Dlm kitab injil kitab sinoptik(matius markus lukas). dlm ke 3 kitab ini menjelaskan serta menceritakan kebiasaan Yesus adalah masuk rumah ibadat pada hari sabat(sabtu)(lukas 4:16. sabat dijadikan untuk manusia, Yesus Tuhan atas hari sabat(markus 2:27,28).

    Gereja advent mengarkan apa yg di katakan oleh keseluruhan firman Tuhan berdasarkan konteks firman Tuhan.

    Kemudian. Perbedaan saksi Yehova dengan Advent..

    Yg pertama Advent percaya Bahwa Yesus Adala ah Allah pencipta(yohanes1:1-4).

    Dan menggunakan sepenuhnya firman Tuhan Alkitab..
    Tidak hanya perjanjial lama atau baru melainkan menerima perjanjian baru dan juga perjanjian lama..

    menanggapi komentar dari sudara avris..
    Memang pendekatan yang demikian memberikan kesan menghakimi...

    Tapi tidak semua seperti itu..anggap saja bahwa org tersebut belum mengetahui metode pendekatan yg baik dan benar.

    Tapi saya mau mengingatkan semoga hal itu dpt dimaafkan. Sama seperti Tuhan yg memaafkan.


    Bagi yang membuat TS : ts yang baik.. tapi akan jauh lebih baik jika menyampaikan akan firman Tuhan dengan sopan, santun dan disertai dengan kasih..

    Jgnlah menyampaikan firman karena dengki, karena kebencian, karena amarah dan lain sebagainya.
    Filipi 1:15-17 (TB) Ada orang yang memberitakan Kristus karena dengki dan perselisihan, tetapi ada pula yang memberitakan-Nya dengan maksud baik.
    Mereka ini memberitakan Kristus karena kasih, sebab mereka tahu, bahwa aku ada di sini untuk membela Injil,
    tetapi yang lain karena kepentingan sendiri dan dengan maksud yang tidak ikhlas, sangkanya dengan demikian mereka memperberat bebanku dalam penjara.

    firman yang benar bila di sampaikan dgn cara yang salah maka hasilnya tidak akan baik..

    ReplyDelete

 
-->