Pages

Sunday, April 21, 2013

Sejarah atau Asal Usul Gereja Advent



Pernah dengar "Gereja Advent" ga Sobat Shantycr7 ?????

Punya temen yang pergi ke gereja hari sabtu???
Mereka ga makan Babi dkk??? (ehehhe maksudnya babi, anjing, kucing dll) juga ga makan segala jenis ikan yang ga bersisik?
Mereka ga minum minuman yang berwarna or kafein or alkohol??
Yups bisa dipastikan mereka advent??
Mungkin banyak yang nanya kenapa mereka gereja hari sabtu ya pada hal kan rata2 orang kristen itu gerejanya hari minggu,,lahhh ini kok sabtu da gitu peraturan gerejanya banget lagi !!!!
ga bisa ini ga bisa itu (pokoknya beda deh ama kristen pada umumnya)
Well sobat Shantycr7, kebetulan nih aku adalah salah satu diantaranya,,yupz,.,I am an Adventist.,.,
Pada postingan kali ini akan aku ungkap sejarah atau asal usul gereja Adventku tercinta ini.,hehhe :)

This is it :

Pada awal abad ke-19 banyak orang Kristen – termasuk di dalamnya kalangan Baptis, Presbiterian, Metodis, Lutheran, Anglikan, Kongregasionalis – melakukan studi mendalam tentang Daniel 8. Para penyelidik Alkitab itu mengharapkan beberapa kejadian yang sangat penting akan terjadi sehubungan dengan nubuatan 2300 petang dan pagi dalam Daniel 8. Salah satu kelompok yang menonjol dalam penyelidikan ini dipimpin William Miller, seorang anggota Gereja Baptis. Mereka percaya bahwa Yesus akan datang ke bumi pada tanggal 22 Oktober 1844. Belakangan pengikut-pengikut Gerakan Miller ini menyadari bahwa mereka telah keliru menafsirkan hari kedatangan kembali Yesus, dan menyebut hari yang mereka harapkan Yesus akan datang sebagai "Hari Kekecewaan".

Penafsiran Miller kemudian direvisi dengan pendapat yang menjelaskan bahwa pada hari itu Yesus memasuki ruang maha suci di Bait Suci surgawi dan memulai penghakiman dunia ini. Di bait suci/kaabah surgawi itu Yesus Kristus memulai pekerjaan penghakimannya demi keselamatan manusia sebab “Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka.” (Ibrani 7:25). Orang-orang Advent percaya bahwa Yesus akan segera datang, tetapi tidak seorangpun tahu kapan harinya.

Sekitar 20 tahun pengikut-pengikut Miller tersebar di Amerika Serikat tanpa terorganisir. Pengikut-pengikut Gerakan Miller ini antara lain: James White, Ellen G White, dan Joseph Bates. Pada tanggal 23 Mei 1863 sebagian pengikut Gerakan Miller secara resmi membentuk organisasi gereja yang bernama General Conference of Seventh-day Adventists di Battle Creek, Michigan dengan anggota sebanyak 3.500 orang.[4] Melalui penginjilan yang intensif, Gereja Advent berkembang hingga ke seluruh dunia. Pada tahun 1903 kantor pusat denominasi ini pindah ke Tacoma Park, Maryland. Tahun 1989 hingga sekarang, kantor pusat Gereja Advent berada di 12501 Old Columbia Pike, Silver Spring, MD 20904, AS.

Gereja Advent pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1901 di Padang, Sumatera Barat.

Nah itu sejarah awalnya sobat,,,berikut akan aku jelasin lagi ajaran-ajaran dalam Gereja Advent yang paling menonjol :

Bagi Gereja Advent dasar kepercayaan bukanlah untuk digunakan sebagai pernyataan keyakinan dalam perangkat kepercayaan konkrit secara teologis. Pengajaran satu-satunya yang dianut orang Advent ialah: "Alkitab, dan hanya Alkitab saja."[5] Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh menerima Alkitab sebagai satu-satunya kepercayaan mereka dan memegang kepercayaan dasar tertentu sebagai ajaran Kitab Suci. Kepercayaan dasar seperti yang diuraikan di sini, merupakan pengertian dan pernyataan gereja tentang ajaran Kitab Suci. Perubahan atas pernyataan-pernyataan ini dapat dibuat dalam Rapat Umum General Conference ketika gereja dipimpin oleh Roh Suci pada pengertian kebenaran Alkitab yang lebih lengkap atau menemukan bahasa yang lebih baik dalam menyatakan ajaran-ajaran firman Allah yang suci.[6]

Ajaran-ajaran Gereja Advent yang menonjol antara lain:

1. Hukum Tuhan Allah - Hukum Allah diwujudkan dalam Sepuluh Hukum dan digambarkan dalam kehidupan Kristus mengikat semua bangsa di segala zaman.
2. Hari Sabat - Pemeliharaan hari Sabat, yakni hari ketujuh dalam sepekan adalah dari matahari terbenam hingga matahari terbenam, ini perayaan tindakan penciptaan dan penebusan Allah.
3. Kedatangan Kristus yang Kedua kali - Kedatangan Juru Selamat akan secara nyata, pribadi, terlihat, dan mencakup seluruh dunia. Pada saat itu orang benar yang dibangkitkan dan orang benar yang hidup akan dimuliakan dan diangkat untuk bertemu Tuhan mereka.
4. Bait Suci Surga - Ada bait Suci di surga, yaitu bait suci sejati yang didirikan oleh Tuhan. Di dalamnya Kristus melayani demi orang percaya untuk memperoleh pengorbanan penebusan-Nya yang telah dipersembahkan sekali untuk selamanya di kayu salib.
5. Pengadilan Pemeriksaan - Yesus Kristus memulai pelayanan pengantaraan-Nya sejak kenaikan-Nya. Pada tahun 1844, yaitu akhir dari masa nubuatan 2300 hari, Ia memasuki fase kedua dari pelayanan penebusan-Nya, yaitu pengadilan pemeriksaan. Akhir pelayanan Kristus ini akan menandai tertutupnya pintu kasihan bagi manusia sebelum Kedatangan Kedua kali.
6. Umat yang Sisa - Pada zaman akhir waktu kejahatan merajalela, sekelompok umat sisa telah dipanggil untuk memelihara hukum Allah dan iman kepada Yesus. Umat yang sisa ini akan mengumumkan keselamatan melalui Kristus. Pengumuman ini dilambangkan oleh tiga malaikat dalam Wahyu 14.
7. Karunia Nubuat - Salah satu karunia Roh Kudus adalah karunia nubuat yang diwujudkan dalam pelayanan Ellen G. White. Tulisan-tulisannya merupakan sumber kebenaran yang berwewenang, yang terus memberi hiburan, bimbingan, petunjuk dan perbaikan kepada gereja. Tulisan tersebut juga memperjelas bahwa Alkitab adalah standar semua ajaran. 

Itu dia sobat Shantycr7 inti-inti ajaran Advent yang paling menonjol, tapi nih selaku aku sendiri umat yang sisa itu (umat Advent biasanya menyebut dirinya sebagai umat sisa), perlu aku kasi tau nih bahwa dasar ajaran kami adalah "BIBLE" yups sobat ALKITAB ini lah yang menjadi patokan kami,,setiap ajaran-ajaran advent itu selalu berbasis alkitab, jadi ga ada yang kami karang atau tanbahin.,.apa pun yang umat advent ajarkan itu PASTI basic nya Alkitab.

Anyway guys itu dia sejarah Gereja Advent.,.
Semoga bermanfaat :) 
Comments
5 Comments

5 comments:

  1. Gereja Advent jadi teladan hidup sehat, kunjungan balasan ya ke blog saya www.goocap.com

    ReplyDelete
  2. Maaf nanya, pandangan advent tentang ketuhanan bagaimana? Apakah percaya tauhid atau trinitas? Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Trinitas..

    Trinitas itu bukan berarti org advent menyembah 3 Tuhan.

    Tapi maksud trinitas itu 3 oknum kealahan.. tapi 1 Tuhan saja.

    Contohnya seorang Bpk.

    Kalau di masyarakat tugasnya
    Sbgai Pak RT
    Di Kantor sebagai Manager
    Di Gereja Sebagai Pdt

    Jadi kesimpulan :
    Bapak itu hanya satu badan
    Tapi memiliki peranan masing2

    Saya rasa itu jwb yg boleh di mngerti

    ReplyDelete
  4. Trinitas ada :

    Allah Bapa
    Allah Anak
    Allah Roh.
    Masing2 itu memiliki peranan tersendiri.

    Tapi hanya di jlnkan oleh 1 Tuhan

    ReplyDelete

 
-->