Pages

Tuesday, August 27, 2013

Contoh Lembar Observasi Kegiatan Pembelajaran (OKP)

Contoh Lembar Observasi Kegiatan Pembelajaran (OKP) - Halo sobatku tercinta dan terkasih :) assekk, postinganku yang ini sobat biasanya dicari oleh mereka yang sedang PPL (Prkatek Pengalaman Lapangan) tapi ada juga yang untuk kebutuhan observasi untuk mengetahui kegiatan pembelajaran, maybe untuk keperluan penelitian, yah whatever lah sobat apa tujuannya yang penting harapanku semoga postinganku ini bisa bermanfaat buat sobat Shantycr7 sekalian,,oce.,oce hehehe
Oya ini juga merupakan laporan lanjutan loh dari postinganku sebelumnya yang Contoh Laporan Observasi Fisik dan Suasana Sekolah

Anyway, ini Lembar Observasi PBM
waktu aku PPL tahun lalu sobat so, buat sobat yang lagi PPL n butuh info ini,wah pasti anda sangat beruntung yah,,hhoho, well, let's straight to the point !! 

Lampiran 2
LEMBAR OBSERVASI KEGIATAN PEMBELAJARAN (OKP)

Nama Mahasiswa        : Susi Susanti Tindaon
NIM                            : 709141223
Jurusan/Bid. Studi      : Pend. Ekonomi/ Pend. Akuntansi
Sekolah Latihan          : SMP/SMA Immanuel Kabanjahe
Kelas                           : VII & IX SMP Immanuel Kabanjahe
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Hari/Tanggal               : Kamis/ 18 September 2012

Amati Guru Pamong Saudara pada waktu melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM). Pusatkan perhatian pada perilaku Guru Pamong Saudara dan tuliskanlah pada tempat yang tersedia di bawah ini.

A.    Pendahuluan.
1.      Jenis bangunan yang mengelilingi sekolah :
ü  Bangunaan sekolah ini terletak cukup jauh dari jalan raya dan bangunan yang ada disekeliling sekolah ini adalah rumah penduduk dan ladang penduduk
2.      Guru membuka pelajaran dengan cara :
ü  Memberi salam pembuka pada siswa
ü  Mengabsen j
ü  Memberi motivasi sebagai penguatan bagi siswa
ü  Mengingatkan kembali pelajaran yang sudah berlalu yang berhubungan dengan pelajaran yang akan dipelajari sekarang
3.      Apakah cara membuka pelajaran tersebut sesuai dengan materi yang akan disajikan, berikan alasan ?
ü  Sesuia, dimana guru tersebut memberikan motovasi yang dapat mendorong semangat siswa untuk belajar, guru juga memberikan motivasi yang berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari
4.      Berapa menit tahap pendahuluan ini berlangsung ?
ü  Tahap pendahuluan berlangsung selama 10 menit
5.      Bagaimana perhatian siswa terhadap guru ?
ü  Perhatian siswa fokus pada  materi yang diajarkan guru hal ini terlihat dari ekspresi dan kemampuan mereka dalam mengikuti pelajaran

B.       Penyajian.
1.      Bagaimana cara guru menyajikan materi pokok pelajaran ?
ü  Guru memberikan materi secara terara, pertama guru memberikan materi pembuka sebagai pengenalan materi pembelajaran kemudian guru mulai bertanya pada siswa mengenai materi tersebut. Guru juga menerangkan materi dengan situasi yang sangat nyaman, dimana guru menjelaskan dengan selingan humor sehingga siswa tampak bersemagat untuk belajar. Metode yang dipakai guru tidak terlepas dari metode ceramah namun tersa tidak membosankan
2.      Selama pelajaran berlangsung berapa kali guru bertanya pada siswa ?
ü  Berkali-kali (lebih dari 4 kali)
3.      Berapa orang siswa yang mendapatkan kesempatan menjawab pertanyaan guru ?
ü  Semua siswa mendapat kesempatan, bahkan guru mencoba untuk memberikan kesempatan menjawab pada anak yang kurang mengerti atau yang sedikit pasif untuk meningkatkan semangat belajar mereka.  
4.      Selama pelajaran berlangsung apakah ada :
  1. Siswa yang mengajukan pertanyaan ?
ü  Ada siswa yang mengajukan pertanyaan
  1. Bagaimana guru menilai hasil belajar siswa ?
ü  Dengan keaktifannya selama belajar, tugas atau pertanyaan, dan keesopanannya
  1. Siswa yang mengganggu kelas, jika ya, bagaimana cara guru mengatasinya ?
ü  Ada, biasanya siswa yang menggangiu kelas berlaku seperti tidur diwaktu pelajaran berlangsung atau ribut sewaktu guru menjelaskan, juga mengganggu teman yang duduk didekatnya. Untuk menghadapi hal tersebut pertama guru akan menanyakan apa yang menyebabkan dia seperti itu, setelah itu guru akan memberikan nasihat terhadap siswa tersebut dan jika tidak ada perubahan selang beberapa waktu biasanya guru akan mengeluarkan siswa tersebut
  1. Secara umum, bagaimana perhatian siswa terhadap pelajaran yang disajikan guru ?
ü  Siswa fokus pada materi yang diajarkan guru, karena guru dapat membawakan pelajaran dengan baik dan sederhanasehingga lebih mudah dimengerti oleh siswa
5.       Berapa lama pelajaran ini berlangsung ?
ü  Pelajaran berlangsung selama 80 menit

C.   Penutup.
1.      Apa yang dilakukan guru untuk mengakhiri pelajaran?
ü  Guru menyimpulkan pembeajaran dan memberikan motivasi penutup serta tugas rumah
2.      Bagaimana cara guru menilai hasil belajar siswa?
ü  Dengan keaktifan sisiwa dalam proses pembelajaran, tugas dan tingkahlaku siswa tersebut
3.      Apa yang dilakukan guru  sebelum mengakhiri pelajaran untuk pindah kepelajaran lain atau istirahat?
ü  Guru menutup pembelajaran dengan rangkuman  pembelajaran tersebut, dan memberikan nasihat supaya siswa tetap belajar dirumah. Jangan keluar-keluar tunggu guru berikutnya yang akan masuk
4.      Berapa menit bagian penutup ini berlangsung?
ü  Bagian penutup ini berlangsung 
5.      Tulislah kesan umum anda terhadap kegiatan belajar mengajar yang anda amati?
ü  Sangat menarik apa lagi melihat cara mengajar guru pamong tersebut, guru ini mampu menyesuaikan pelajaran dengan suasana siswa sehingga siswa tampak antusias dan bersemangat untuk belajar

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
-->