Contoh Lembar Observasi Kegiatan Pembelajaran (OKP) - Halo sobatku tercinta dan terkasih :) assekk, postinganku yang ini sobat biasanya dicari oleh mereka yang sedang PPL (Prkatek Pengalaman Lapangan) tapi ada juga yang untuk kebutuhan observasi untuk mengetahui kegiatan pembelajaran, maybe untuk keperluan penelitian, yah whatever lah sobat apa tujuannya yang penting harapanku semoga postinganku ini bisa bermanfaat buat sobat Shantycr7 sekalian,,oce.,oce hehehe
Oya ini juga merupakan laporan lanjutan loh dari postinganku sebelumnya yang Contoh Laporan Observasi Fisik dan Suasana Sekolah
Anyway, ini Lembar Observasi PBM waktu aku PPL tahun lalu sobat so, buat sobat yang lagi PPL n butuh info ini,wah pasti anda sangat beruntung yah,,hhoho, well, let's straight to the point !!
Oya ini juga merupakan laporan lanjutan loh dari postinganku sebelumnya yang Contoh Laporan Observasi Fisik dan Suasana Sekolah
Anyway, ini Lembar Observasi PBM waktu aku PPL tahun lalu sobat so, buat sobat yang lagi PPL n butuh info ini,wah pasti anda sangat beruntung yah,,hhoho, well, let's straight to the point !!
Lampiran 2
LEMBAR OBSERVASI KEGIATAN
PEMBELAJARAN (OKP)
Nama Mahasiswa : Susi Susanti Tindaon
NIM : 709141223
Jurusan/Bid. Studi : Pend. Ekonomi/ Pend. Akuntansi
Sekolah Latihan : SMP/SMA Immanuel Kabanjahe
Kelas : VII & IX SMP Immanuel Kabanjahe
Mata Pelajaran : Ekonomi
Hari/Tanggal : Kamis/ 18 September 2012
Amati Guru Pamong
Saudara pada waktu melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM). Pusatkan
perhatian pada perilaku Guru Pamong Saudara dan tuliskanlah pada tempat yang
tersedia di bawah ini.
A.
Pendahuluan.
1.
Jenis bangunan yang
mengelilingi sekolah :
ü
Bangunaan sekolah ini terletak
cukup jauh dari jalan raya dan bangunan yang ada disekeliling sekolah ini
adalah rumah penduduk dan ladang penduduk
2.
Guru membuka pelajaran dengan
cara :
ü Memberi salam pembuka pada siswa
ü Mengabsen j
ü Memberi motivasi sebagai penguatan bagi siswa
ü Mengingatkan kembali pelajaran yang sudah berlalu yang berhubungan
dengan pelajaran yang akan dipelajari sekarang
3.
Apakah cara membuka pelajaran
tersebut sesuai dengan materi yang akan disajikan, berikan alasan ?
ü Sesuia, dimana guru tersebut memberikan motovasi yang dapat
mendorong semangat siswa untuk belajar, guru juga memberikan motivasi yang
berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari
4.
Berapa menit tahap pendahuluan
ini berlangsung ?
ü
Tahap pendahuluan berlangsung
selama 10 menit
5.
Bagaimana perhatian siswa
terhadap guru ?
ü
Perhatian siswa fokus pada materi yang diajarkan guru hal ini terlihat
dari ekspresi dan kemampuan mereka dalam mengikuti pelajaran
B.
Penyajian.
1.
Bagaimana cara guru menyajikan
materi pokok pelajaran ?
ü Guru memberikan materi secara terara, pertama guru memberikan materi
pembuka sebagai pengenalan materi pembelajaran kemudian guru mulai bertanya
pada siswa mengenai materi tersebut. Guru juga menerangkan materi dengan
situasi yang sangat nyaman, dimana guru menjelaskan dengan selingan humor sehingga
siswa tampak bersemagat untuk belajar. Metode yang dipakai guru tidak terlepas
dari metode ceramah namun tersa tidak membosankan
2.
Selama pelajaran berlangsung
berapa kali guru bertanya pada siswa ?
ü
Berkali-kali (lebih dari 4
kali)
3.
Berapa orang siswa yang
mendapatkan kesempatan menjawab pertanyaan guru ?
ü Semua siswa mendapat kesempatan, bahkan guru mencoba untuk
memberikan kesempatan menjawab pada anak yang kurang mengerti atau yang sedikit
pasif untuk meningkatkan semangat belajar mereka.
4.
Selama pelajaran berlangsung
apakah ada :
- Siswa yang mengajukan pertanyaan ?
ü
Ada siswa yang mengajukan
pertanyaan
- Bagaimana guru menilai hasil belajar siswa ?
ü
Dengan keaktifannya selama
belajar, tugas atau pertanyaan, dan keesopanannya
- Siswa yang mengganggu kelas, jika ya, bagaimana cara guru mengatasinya ?
ü Ada, biasanya siswa yang menggangiu kelas berlaku seperti tidur
diwaktu pelajaran berlangsung atau ribut sewaktu guru menjelaskan, juga mengganggu teman yang duduk didekatnya. Untuk menghadapi hal tersebut pertama guru akan menanyakan apa yang
menyebabkan dia seperti itu, setelah itu guru akan memberikan nasihat terhadap
siswa tersebut dan jika tidak ada perubahan selang beberapa waktu biasanya guru
akan mengeluarkan siswa tersebut
- Secara umum, bagaimana perhatian siswa terhadap pelajaran yang disajikan guru ?
ü
Siswa fokus pada materi yang
diajarkan guru, karena guru dapat membawakan pelajaran dengan baik dan
sederhanasehingga lebih mudah dimengerti oleh siswa
5.
Berapa lama pelajaran ini berlangsung ?
ü
Pelajaran berlangsung selama 80
menit
C. Penutup.
1.
Apa yang dilakukan guru untuk mengakhiri pelajaran?
ü
Guru menyimpulkan pembeajaran
dan memberikan motivasi penutup serta tugas rumah
2.
Bagaimana cara guru menilai
hasil belajar siswa?
ü
Dengan keaktifan sisiwa dalam
proses pembelajaran, tugas dan tingkahlaku siswa tersebut
3.
Apa yang dilakukan guru sebelum mengakhiri pelajaran untuk pindah
kepelajaran lain atau istirahat?
ü
Guru menutup pembelajaran
dengan rangkuman pembelajaran tersebut,
dan memberikan nasihat supaya siswa tetap belajar dirumah. Jangan keluar-keluar
tunggu guru berikutnya yang akan masuk
4.
Berapa menit bagian penutup ini
berlangsung?
ü
Bagian penutup ini berlangsung
5.
Tulislah kesan umum anda
terhadap kegiatan belajar mengajar yang anda amati?
ü
Sangat menarik apa lagi melihat
cara mengajar guru pamong tersebut, guru ini mampu menyesuaikan pelajaran
dengan suasana siswa sehingga siswa tampak antusias dan bersemangat untuk
belajar