Lampiran 1
OBSERVASI FISIK DAN SUASANA SEKOLAH (OFS)
Nama Mahasiswa :
Susi Susanti Tindaon
NIM :
709141223
Jurusan/ Bid. Studi : Pendidikan Ekonomi/ Pendidikan Akuntansi
Sekolah Latihan : SMP/SMA Immanuel Kabanjahe
Amati keadaan
sekolah tempat anda latihan dengan
cermat. Untuk mendapatkan informasi yang akurat, anda melakukan wawancara
dengan guru, pegawai, dan para siswa. Catat hasil pengamatan anda dengan
melengkapi ini, atau menuliskannya di tempat lain bila tempat yang tersedia tidak mencukupi.
A.
Keadaan Fisik Sekolah :
- Luas
tanah : 1.500 QUOTE
- Jumlah ruangan kelas : 6 ruangan
- Ukuran
ruang kelas : 288 QUOTE
- Bangunan lain yang ada yakni :
1.
Lab Komputer Luasnya 72 QUOTE
2.
Perpustakaan Luasnya QUOTE
3.
Ruang BP / BK Luasnya
8 QUOTE
4.
Ruang kepala Sekolah Luasnya
14 QUOTE
5.
Ruang guru Luasnya
72 QUOTE
6.
Ruang TU Luasnya
28 QUOTE
7.
Kamar mandi guru Luasnya
4 QUOTE
8.
Kamar mandi siswa Luasnya
4 QUOTE
9.
Ruangan penjaga sekolah Luasnya QUOTE
5. Lapangan
olah raga ,jenis, ukuran
a. Lapangan
basket ukurannya
30 QUOTE
b.
Lapangan terbuka ukurannya 2007 QUOTE
B. Keadaan Lingkungan Sekolah :
1. Jenis bangunan yang mengelilingi sekolah
:
ü Laboratorium (komputer. TIK dan Internet),
perpustakaan, kantor guru, kantor tata usaha, kantor kepala sekolah, kantor
wakasek, gudang, dan WC.
2. Kondisi lingkungan sekolah:
ü Lingkungan sekolah SMP/SMA Immanuel 2 Kabanjahe cukup asri dan sejuk sebab di depan sebagian kelas ditanami bunga dan pepohonan. Dengan kata lain secara umum sekolah ini cukup
baik sebagai salah satu lembaga pendidikan dikarenakan letak sekolah cukup
strategis yang berarti cukup tentram
dalam proses KBM serta tidak cukup jauh dari kebisingan kendaraan.
C. Fasilitas sekolah (kualitasnya):
NO
|
Jenis fasilitas
|
Kuantitas/ jumlah
|
Kualitas /
kelayakan
|
1
|
Perpustakaan
|
1
|
Cukup
|
2
|
Laboratorium IPA
|
-
|
-
|
3
|
Ruang
BP
|
1
|
Cukup
|
4
|
Ruangan serba
guna
|
-
|
-
|
5
|
Ruang TU
|
1
|
Cukup
|
6
|
Ruang kepala
sekolah dan wakil
|
1
|
Baik
|
7
|
Ruang BP
|
1
|
Cukup
|
8
|
Ruang guru
|
1
|
Baik
|
9
|
Ruang kantin
sekolah
|
2
|
Cukup
|
10
|
Ruang toilet
|
1
|
Cukup
|
D.
Penggunaan sekolah :
1.
Jumlah sekolah yang menggunakan bangunan ini: SMP Immanuel 2 Kabanjahedan SMA Immanuel 2
Kabanjahe
2.
Jumlah “shift” tiap hari : Yayasan
Bersama wajib hadir 6 hari kerja, free les 1 hari dan disertai 1 hari piket.
E.
Guru dan Siswa :
1)
Jumlah guru = 14 Pengajar di SMP dan SMA
2) Jumlah
kelas = 6
ruang untuk SMP dan SMA
3) Jumlah
Siswa perkelas =
a. Kelas VII : 13 Orang
b. Kelas VIII : 13 Orang
c. Kelas IX : 9 Orang
d.
Kelas X : 38 Orang
e.
Kelas XI IPA : 22 Orang
f.
Kelas XII IPA : 27 Orang
4. Jumlah siswa seluruhnya : 122 Orang
F.
Interaksi
Sosial :
(Tuliskan dengan singkat
kesan anda tentang hubungan antara guru dengan guru, guru dengan siswa, dan hubungan antara
semua personalia di sekolah tersebut)
1. Hubungan guru dengan guru : Baik, tampak para guru saling menghargai
2. Hubungan guru dengan siswa : Baik,
tampak adanya kepedulian guru terhadap siswa
3. Hubungan siswa dengan siswa: Baik, adanya
rasa persaudaraan yang cukup tinggi namun terkadang rasa persaudaraan
yang ada disalah gunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat selain itu ada juga beberapa siswa yang sering
bertengkar dikarenakan masalah pribadi mereka, dalam hal ini khususnya
laki-laki.
4. Hubungan guru dengan pegawai tata usaha:
Baik, adanya kerja sama yang baik saat urusan administrasi sekolah
5. Hubungan sosial secara keseluruhan : Secara keseluruhan seluruh dewan guru
dan staf tata usaha mempunyai rasa sosial yang baik yang ditandai dengan tutur
sapa yang lembut antara satu dengan lain.
G.
Tata Tertib:
1.
Untuk siswa : Ada
2.
Untuk guru : Ada
3.
Untuk pegawai : Ada
H.
Kesan Umum :
Secara umum selama calon guru
melaksanakan PPL di sekolah ini bahwa memang sekolah ini cukup baik dan
guru-gurunya cukup memiliki kompetensi yang baik dan sarana dan prasarana cukup
memadai. Guru-guru yang ada disekolah ini memiliki disiplin yang cukup baik,
hal ini dapat terlihat dari kehadiran dan ketepatan guru pada saat masuk les
mata pelajarannya. Melihat dari situasi sekolah yang ada dan kondisi siswa yang
ada merasa sangat prihatin dengan sikap dan mental siswa yang ada disekolah
tersebut, hal ini daapt dilihat dari minat dan tingkah laku siswa yang kurang
menunjukkan sikap sebagaimana seorang siswa. Dari pengalaman ini saya selaku
calon guru banyak mendapat peajaran bagaimana cara atau pendekatan yang harus
dilakukan pada siswa yang tersebut dan hal ini sudah langsung saya lihat ari
cara guru-guru dalam menyelesaikan setiap permasalhan yang dilakukan oleh murid
tersebut.kemampuan guru inilah yang membuat saya semakin salut terhadap seorang
guru yang mampu mendalami karakter seluruh siswanya.
Kabanjahe, Desember
2012
Disetujui: Diketahui:
Kepala Sekolah,
Guru Pamong,
(Drs. P. Karo-karo) (Cory Debora
Sembiring, Spd)